Sabtu, 03 November 2012

SILABUS PKN SMK KELAS XII



SILABUS  PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
Mata Pelajaran                       : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                       : XII
Semester                                 : 1
Program Studi                       : Semua Program Keahlian
Standar Kompetensi            : 1.  Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
Alokasi waktu                        :  6 x 45 menit

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Mendeskripsi-kan Pancasila sebagai ideologi terbuka
Pancasila sebagai ideologi terbuka
o  Makna ideologi negra
o  Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara

o  Fungsi pokok Pancasila
o  Pancasila sebagai ideologi terbuka
·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

· Mengkaji dari berbagai sumber (buku, nara sumber dsb.)  tentang proses perumusan Pancasila sejak sidang BPUPKI sampai dengan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
· Menguraikan fungsi pokok Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
· Membandingkan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
· Berdiskusi hasil penggalian informasi makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
·         Mendeskripsikan makna ideologi negara
·         Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara

·         Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara

·         Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
·         Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
·       Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
·       Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
·       Presentasi







4 X 45

















·       Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti
·       Undang-Undang Dasar  Republik Indonesia tahun 1945, amandemen I, II, III dan IV, Bandung: Citra Umbara
·       Nugroho Notosusanto (1983), Naskah Prokla-masi yang Otentik dan Rumusan Pancasila yang Otentik, Jakarta: PN Balai Pustaka.

1.2  Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

Nilai-nilai Pancasila
o  Pancasila sebagai sumber nilai

o  Pancasila sebagai paradigma pembangunan

·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

· Mengkaji dari beberapa sumber pustaka tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai  paradigma pembangunan.
· Berdiskusi hasil kajian tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan sebagai  paradigma pembangunan
·         Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai.
·         Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
·         Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

·       Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
·       Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
·       Presentasi
2 X 45
·     Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti
·     UUD 1945
·     Buku-buku sumber yang relevan
·     Buku pelajaran lain
·     Media cetak dan elektronik.
1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

o  Perilaku yang sesuai nilai- nilai Pancasila







o  Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

· Mengidentifikasi berita di media elektronik (TV, internet dsb.) dan artikel dari media cetak (buku, koran, majalah dsb) sehingga  dapat menunjukkan perilaku positif terhadap Pancasila

· Mengamati perilaku masyarakat lingkungannya yang sesuai dengan nilai  Pancasila sebagai  ideologi terbuka (contoh: berani mengemukakan pendapat/demonstrasi)

·      Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila





·      Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.

o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o   Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o   Presentasi

2 X 45
·     Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti
·     Mustafa Kamatl Pasha, B. Ed, (2002) Pendidikan Kewarganegaraan  (Civic Education), Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.
·     Media cetak dan media eletronik
·     Buku-buku sumber yang relevan
·     Buku pelajaran/paket lainnya.


SILABUS  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           : SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
Mata Pelajaran           : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                            : XII
Semester                      : 1
Program Studi           : Semua Program Keahlian
Standar Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
Alokasi waktu             : 10 X 45 menit

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1 Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
Sistem pemerintahan
·     Pengertian Sistem pemerintahan

·     Sistem pemerintahan Presidensial
   dan Parlementer

·     Ciri-ciri sistem pemerintahan Parlementer dan Presidensial.
·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

·     Mengkaji berbagai literatur tentang sistem pemerintahan
·     Mengidentifikasi negara-negara yang menganut sistem Presidensial dan Parlementer
·     Mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
·     Membandingkan dari berbagai aspek, negara-negara yang menganut sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
·     Mendeskripsikan penegertian system pemerintahan
·     Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara
·     Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
·     Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o   Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o   Presentasi



4 X 45
·     Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti
·     Moh. Kusnardi., Harmaily Ibrahim (1993) Pengantar Hukum Tata Negara RI. FHUI.
·     Undang-Undang Dasar  Republik Indonesia tahun 1945, perubahan I, II, III dan IV
2.2  Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia
sistem pemerintahan Negara Indonesia
o  System pemerintahan menurut UUD 1945 awal kemerdekaan
o  Sistem pemerintahan menurut UUD 1945 setelah adanya perubahan

·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

·      Mengkaji UUD 1945, dapat menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945 pada awal kemerdekaan
·      Mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan
·      Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945.

·      Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan
·         Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
·         Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
Presentasi

2 X 45
·      Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti
·      Jimly Ashieddieqy Sistem pemerintahan di Indonesia, makalah pembukaan temu wicara guru PKn Provinsi DKI dengan Mahkamah Konstitusi, 2005
·      Buku- buku yang relevan
·      Buku pelajaran
2.3 Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di  Indonesia dengan negara lain

Pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia
o  Kelebihan sistem pemerintahan Indonesia
o  Kelemahan sistem pemerintahan Indonesia
o  Perbandingan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain


·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

·      Mengkaji berbagai buku, media cetak dan elektronik mengenai kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI
·      Menanyakan kepada pejabat pemerintah di lingkungannya tentang kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan negara RI
·      Berdiskusi hasil kajian dan temuan di lapangan tentang Identifikasi sistem pemerintahan Indonesia dibandingkan dengan negara lain
·      Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia






·     membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain

o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o   Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o   Presentasi



2 X 45
·     Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti
·      Jimly Ashieddieqy Sistem pemerintahan di Indonesia, makalah pembukaan temu wicara guru PKn Provinsi DKI dengan Mahkamah Konstitusi, 2005
·      Buku- buku yang relevan
·      Buku pelajaran
                                               
                                                                                                                                                              Purbalingga, ……Juli 2012
                 Mengetahui                                                     
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga                                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran


                                                                                               
            KURNIAWAN HERY S,S.Pd                                                                                                                TRI ARYANTO, S.Pd


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar