PROGRAM PENGAYAAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X ( sepuluh )
Standar
Kompetensi : Memahami hakekat
bangsa dan Negara Kesatuan Republic Indonesia
No
|
Kompetensi
dasar
|
Indikator
|
Asal
Materi/Soal
|
Penilaian
|
Keterangan
|
||
LKS
|
BUKU
PAKET PKN
|
MODUL
|
|||||
1
|
Mendeskripsikan
hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
|
1.
Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk
sosial
2.
Menguraikan pengertian bangsa
dan unsur terbentuknya bangsa
3.
Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
|
Membantu
kelompok/individu yang mendapat tugas remedial
|
Tugas
kelompok/individu tercantum pada program remedial
|
|||
2
|
Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk
kenegaraan
|
1.
Menganalisis pengertian Negara
2.
Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
3.
Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
4.
Membandingkan
bentuk-bentuk kenegaraan
|
|||||
3
|
1.1. Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
|
1.
Menguraikan pengertian dan fungsi negara
2.
Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara
3.
Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
|||||
|
Menunjukkan
semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
1.
Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
2.
Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
3.
Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
4.
Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia
|
|||||
Menilai
jawaban hasil perhitungan soal yang diberikan guru
|
Soal-soal
tersebut terlampir
|
||||||
Purbalingga,
……Juli 2012
Mengetahui
Kepala
SMK YPLP Perwira Purbalingga Guru Mata Pelajaran
KURNIAWAN HERY S,S.Pd TRI ARYANTO, S.Pd
PROGRAM PENGAYAAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X ( sepuluh )
Standar
Kompetensi : Menampilkan system
positif terhadap sitem hukum dan nasional
No
|
Kompetensi
dasar
|
Indikator
|
Asal
Materi/Soal
|
Penilaian
|
Keterangan
|
||
LKS
|
BUKU
PAKET PKN
|
MODUL
|
|||||
1
|
2.1.
Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan
peradilan nasional
|
Mendeskripsikan pengertian
hukum
Menentukan macam-macam
penggolongan Hukum
Mendeskripsikan sumber
hukum formal dan material
Menjelaskan sistem tata
hukum Indonesia
Mendeskripsikan pengertian
dan dasar hukum lembaga peradilan nasional
|
Membantu
kelompok/individu yang mendapat tugas remedial
|
Tugas
kelompok/individu tercantum pada program remedial
|
|||
2
|
2.2.
Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan
|
Menguraikan perangkat
lembaga peradilan
Menganalisis macam-macam
lembaga peradilan
Menganalisis peranan
lembaga peradilan
Menganalisis pelaksanaan
lembaga peradilan
|
|||||
3
|
2.3.
Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan
hukum yang berlaku
|
Menunjukkan contoh sikap
taat terhadap hukum
Menganalisis macam-macam
perbuatan yang bertentangan dengan hukum
Menganalisis macam-macam
sanksi sesuai hukum yang berlaku
|
|||||
|
2.4.
Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di
Indonesia
|
Mendeskripsikan
macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi
Menganalisis macam-macam
perbuatan yang berkategori korupsi
Menunjukkan contoh tindak
pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi
|
|||||
2.5.
Menampilkan peran serta dalam upaya
pemberantasan korupsi di Indonesia
|
Menunjukkan contoh sikap
anti korupsi
Menunjukkan contoh
gerakan/ organisasi anti korupsi
Menganalisis macam-macam
perbuatan anti korupsi
Manampilkan sikap anti
korupsi
|
Menilai
jawaban hasil perhitungan soal yang diberikan guru
|
Soal-soal
tersebut terlampir
|
Purbalingga, ……Juli 2012
Mengetahui
Kepala
SMK YPLP Perwira Purbalingga Guru Mata Pelajaran
KURNIAWAN HERY S,S.Pd TRI ARYANTO, S.Pd
PROGRAM PENGAYAAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X ( sepuluh )
Standar
Kompetensi : Menampil-kan peran serta dalam upaya
pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)
No
|
Kompetensi
dasar
|
Indikator
|
Asal
Materi/Soal
|
Penilaian
|
Keterangan
|
||
LKS
|
BUKU
PAKET PKN
|
MODUL
|
|||||
1
|
3.1.
Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan
penegakan HAM
|
Menganalisis upaya
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM yang dilakukan pemerintah
Menentukan instrumen HAM
nasional
Mendeskripsikan upaya
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat
|
Membantu
kelompok/individu yang mendapat tugas remedial
|
Tugas
kelompok/individu tercantum pada program remedial
|
|||
2
|
3.2.
Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan,
penghormatan, dan penegakan HAM di
Indonesia
|
Menguraikan proses dalam
upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM
Mengilustrasikan berbagai
kasus pelanggaran HAM
Menyimpulkan contoh perilaku
yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
|
|||||
3
|
3.3.
Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan
internasional HAM
|
Mendeskripsikan instrumen
HAM internasional
Menunjukkan bentuk
pelanggaran HAM internasional
Mendeskripsikan peradilan
HAM internasional
|
|||||
Menilai
jawaban hasil perhitungan soal yang diberikan guru
|
Soal-soal
tersebut terlampir
|
Purbalingga, ……Juli 2012
Mengetahui
Kepala
SMK YPLP Perwira Purbalingga Guru Mata Pelajaran
KURNIAWAN HERY S,S.Pd TRI ARYANTO, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar