Powered By Blogger

Sabtu, 03 November 2012

silabus pkn smk kelas x



SILABUS  PEMBELAJARAN


Nama Sekolah           : SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
Mata Pelajaran           : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                            : X
Semester                     : 1
Standar Kompetensi :1.  Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Alokasi waktu           : 8 X 45 Menit

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1      Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara


Bangsa dan negara
o  manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial

o  Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa

o  Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
-      Rakyat
-      Wilayah
-      Pemerintah yang berdaulat
-      Pengakuan dari negara lain



·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

Mengkaji berbagai literatur tentang
kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.



Mendiskusikan hasil kajian literatur Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa, Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara








·         Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial



·         Menguraikan  pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa

·         Menganalisis  pengertian negara dan unsur  terbentuknya Negara




o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o  Presentasi












2 x 45
















·    Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

·    Darji Darmo-diharjo (1990), Pendidiikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Malang: Penerbit IKIP Malang

·    Budiyanto (1999), Tata negara untuk SMA,

1.2    Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan 
Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan

o  Hakikat negara
o  Asal mula terjadinya negara
o  pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain
o  Bentuk- bentuk kenegaraan

·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
Mengkaji informasi dari berbagai sumber  tentang pengertian, asal mula terjadinya Negara


Mendiskusikan hasil kajian literatur pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain dan bentuk-bentuk kenegaraan



·         Menganalisis  pengertian Negara
·         Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara

·         Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
·         Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o  Presentasi

2 x 45

·  Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

·  Musthafa Kamal Pasha, B.Ed,(2002), Pendidikan Kewarganegaraan (Civics Education), Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.

1.3    Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI

o  Pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal
o  Pengertian dan tujuan NKRI
o  Perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
o  Tujuan NKRI yang terdapat  dalam pembukaan UUD 1945


·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
Mengkaji dari berbagai buku sumber tentang pengertian, fungsi negara secara universal

Mendiskusikan hasil kajian literatur teori tentang fungsi dan tujuan negara serta tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia



·         Menguraikan pengertian dan fungsi negara





·         Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara
·         Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o  Presentasi

2 x 45

·  Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

·  Idrus Affandi, (1997), tata negara, Jakarta: Depdikbud- balai pustaka
1.4    Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

o  Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
-      Makna nasionalisme
-      Makna patriotisme
o  Macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
o  Tata cara penerapan nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan
·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·   Mengkaji dari literatur tentang semangat kebangsaan dan patriotisme dan nasionalisme Indonesia, macam-macam perwujudan nasionalisme
·   Mendiskusikan hasil kajian literatur tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia


·     Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
·     Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
·     Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan

·     Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o  Presentasi


2 x 45

·  Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

·  Anhar Gonggong (2002), Nasionalisme sebuah kajian sejarah, (makalah sarasehan antar generasi) Departemen Sosial, Jakarta

·  Hans Kohn (1961), Nasionalisme arti dan sejarahnya, Jakarta: PT Pembangunan Djakarta.

SILABUS  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           : SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                           : X
Semester                     : 1
Standar Kompetensi : 2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional
Alokasi Waktu          : 10 X 45 Menit

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1      Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional

Sistem hukum dan lembaga peradilan
o   Pengertian hukum
o   Tata hukum Indonesia
o   Penggolongan hukum
o   Sumber hukum
o   Lembaga- lembaga peradilan
·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
Menganalisis berbagai buku sumber tentang  pengertian sistem hukum dan penggolongan hukum.
Berdiskusi hasil kajian tentang sumber hukum,  pengertian lembaga peradilan nasional dan dasar hukum lembaga peradilan nasional


·         Mendeskripsikan pengertian hukum
·         Menentukan macam-macam penggolongan Hukum
·         Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material
·         Menjelaskan sistem tata hukum Indonesia

·         Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional


o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o  Presentasi



2 x 45














·  Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

·  Soehino (1987) Ilmu Negara, Jakarta

·  Sudargo Gautama (1987), Hukum Perdata Internasional Indonesia, Jakarta, Alumni
2.2    Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan









Lembaga Peradilan

o   Perangkat atau alat kelengkapan lembaga peradilan
o   Klasifikasi lembaga peradilan
o   Tingkatan lembaga peradilan
o   Peranan atau tugas dan fungsi lembaga peradilan
·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
Mengkaji berbagai literatur tentang perangkat lembaga peradilan
Berdiskusi kelompok hasil kajian tentang macam-macam lembaga peradilan dan peranan lembaga peradilan

Melihat praktek peradilan pada tingkat pengadilan negeri

·         Menguraikan perangkat lembaga peradilan
·         Menganalisis macam-macam lembaga peradilan
·         Menganalisis peranan lembaga peradilan
·         Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan


o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o  Presentasi Laporan



2 x 45














· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

·  UU kehakiman Republik Indonesia

·  Lembaga pemasyarakatan





2.3    Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku

Sikap yang sesuai dengan hukum
o   Perbuatan-perbuatan yang sesuai dan yang bertentangan dengan hukum
o   Contoh perbuatan yang melanggar hukum beserta sanksinya
·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
Berdiskusi tentang sikap taat pada hukum


Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum dan sanksinya

·         Menunjukkan contoh sikap taat terhadap  hukum


·         Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum
·         Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o  Presentasi

2         x 45

· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

· Berbagai media cetak dan elektronik
2.4    Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

Pemberantasan korupsi
o Pengertian Korupsi
o Dasar hukum pemberantas korupsi
o Klasifikasi perbuatan korupsi
o Kasus korupsi yang telah dikenakan sanksi

·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
Mengkaji dari berbagai literatur tentang aturan dan macam – macam perbuatan yang berkategori korupsi

Mengkaji media cetak tentang contoh  pemberantasan korupsi di Indonesia
Berdiskusi hasil kajian pemberantasan korupsi di Indonesia

·         Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi

·         Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi

·         Menunjukkan contoh tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi
o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o  Presentasi

2 x 45

· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

· Kumpulan naskah yang dikeluarkan oleh KPK

2.5    Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
o Macam- macam Gerakan atau organisasi anti korupsi
o Contoh peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak korupsi
o Sikap diri anti korupsi
·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
Menelaah berbagai literatur tentang korupsi tentang perbuatan sikap anti korupsi

Mendiskusikan tentang  macam- macam perbuatan anti korupsi
·         Menunjukkan contoh sikap anti korupsi
·         Menunjukkan contoh gerakan/ organisasi anti korupsi


·         Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi
·         Manampilkan sikap anti korupsi
·       Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
·       Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
·           Presentasi

2 x 45

· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

· Media cetak dan elektronik


SILABUS  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           : SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
Mata Pelajaran           : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                            : X
Semester                      : 1
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) 
Alokasi Waktu          :  6 X 45 Menit

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1      Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM

pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM
o   Pengertian dan macam- macam HAM
o   Upaya pemerintah dalam menegakan HAM
o   Instrumen atau dasar hukum yang mengatur HAM
o   Peran masyarakat dalam menegakan HAM

·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
Mengkaji dari berbagai pustaka (buku paket dan  sumber lain)  tentang pengertian, macam- macam instrumen HAM


Mendiskusikan artikel tentang upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan pemerintah, individu dan masyarakat




·          Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan pemerintah



·          Menentukan instrumen HAM nasional
·          Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o  Presentasi








2 x 45





















·   Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

·   Fakih Mansour, Antonius M. Indrianto, Eko Prasetyo, (2003), Menegakkan Keadilan dan Kemanusiaan, Pogunglor C-145, Yogyakarta: Insist Press.
·   Mansyur Effendi, ( 1993), HAM, Jakarta, GI

3.2      Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan   HAM di Indonesia












peran serta dalam penegakan   HAM di Indonesia
o   Proses pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM
o   Pelanggaran HAM dan penangganan kasus pelanggaran HAM
o   contoh perilaku yang sesuai dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM di Indonesia

·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
Mengkaji berbagai sumber tentang proses penegakkan HAM,  menentukan sikap, perilaku yang sesuai dengan  upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan   HAM di Indonesia

Melalui pengamatan dapat  mengilustrasikan dan menyimpulkan contoh perilaku dalam penegakkan HAM

·          Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM
·          Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran  HAM
·          Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM di Indonesia

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)

o  Presentasi




2 x 45
















· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

· UU HAM

· Munir (2003), HAM dan posisi Hukum, LPTHI Ikadin, Jakarta


3.3      Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional  HAM

instrumen hukum dan peradilan internasional  HAM
o   Instrumen HAM Internasional
o   Kasus –kasus pelanggaran HAM internasional
o   Proses dan sanksi pelanggaran HAM pada Peradilan Internasional

·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
Mengkaji beberapa  literatur dan sumber bacaan tentang instrumen hukum dan peradilan internasional  HAM serta menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional



·          Mendeskripsikan instrumen HAM internasional
·          Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional
·          Mendeskripsikan peradilan HAM internasional

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o  Presentasi


2 x 45

·  Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

·  Aturan HAM Internasional

                                                                                                                                                                                                Purbalingga, ……Juli 2012
                 Mengetahui                                                     
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga                                                                                                                                                                                             Guru Mata Pelajaran





                                                                                     
            KURNIAWAN HERY S,S.Pd                                                                                                                                                  TRI ARYANTO, S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar