SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas
: X
Semester : 1
Standar
Kompetensi :1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Alokasi waktu
: 8 X 45 Menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur
terbentuknya negara
|
Bangsa dan negara
o
manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
o Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
o Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya
negara
-
Rakyat
-
Wilayah
-
Pemerintah yang
berdaulat
-
Pengakuan dari
negara lain
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji berbagai literatur tentang
kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan
makhluk sosial.
Mendiskusikan hasil kajian literatur Pengertian
dan unsur terbentuknya bangsa, Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya
negara
|
·
Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu
dan makhluk sosial
·
Menguraikan
pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
·
Menganalisis
pengertian negara dan unsur
terbentuknya Negara
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2 x
45
|
·
Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan
Dra. Retno Listyarti
·
Darji Darmo-diharjo (1990), Pendidiikan Pancasila di Perguruan Tinggi,
Malang: Penerbit IKIP Malang
·
Budiyanto (1999), Tata negara untuk SMA,
|
1.2 Mendeskripsikan hakikat
negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
|
Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
o Hakikat negara
o Asal mula terjadinya negara
o
pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain
o
Bentuk- bentuk
kenegaraan
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji informasi dari berbagai sumber
tentang pengertian, asal mula terjadinya Negara
Mendiskusikan hasil kajian literatur pentingnya pengakuan suatu negara
dari negara lain dan bentuk-bentuk kenegaraan
|
·
Menganalisis
pengertian Negara
·
Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
·
Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi
suatu negara
·
Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Musthafa Kamal Pasha,
B.Ed,(2002), Pendidikan Kewarganegaraan
(Civics Education), Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.
|
1.3 Menjelaskan pengertian,
fungsi dan tujuan NKRI
|
o
Pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal
o
Pengertian dan tujuan NKRI
o
Perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan
negara
o
Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji dari berbagai buku sumber tentang pengertian, fungsi negara
secara universal
Mendiskusikan hasil kajian literatur teori tentang fungsi dan tujuan
negara serta tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
·
Menguraikan pengertian dan fungsi negara
·
Membandingkan berbagai teori
tentang fungsi dan tujuan Negara
·
Mendeskripsikan tujuan Negara
Kesatuan Republik Indonesia
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Idrus Affandi, (1997),
tata negara, Jakarta: Depdikbud- balai pustaka
|
1.4 Menunjukkan semangat
kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
|
o
Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
-
Makna
nasionalisme
-
Makna
patriotisme
o
Macam-macam
perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
o
Tata cara
penerapan nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
· Mengkaji dari literatur
tentang semangat kebangsaan dan patriotisme dan
nasionalisme Indonesia, macam-macam perwujudan nasionalisme
· Mendiskusikan hasil
kajian literatur tentang pengertian
nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme dan
patriotisme Indonesia
|
·
Mendeskripsikan makna
semangat kebangsaan
·
Menguraikan macam-macam
perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
·
Menunjukkan contoh perilaku
yang sesuai dengan semangat kebangsaan
·
Menunjukkan sikap positif
terhadap patriotisme Indonesia
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Anhar Gonggong (2002),
Nasionalisme sebuah kajian sejarah, (makalah sarasehan antar generasi)
Departemen Sosial, Jakarta
· Hans Kohn (1961),
Nasionalisme arti dan sejarahnya, Jakarta: PT Pembangunan Djakarta.
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 1
Standar
Kompetensi :
2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional
Alokasi Waktu
: 10 X 45 Menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
2.1 Mendeskripsikan
pengertian sistem hukum dan peradilan nasional
|
Sistem hukum dan lembaga peradilan
o Pengertian hukum
o Tata hukum Indonesia
o Penggolongan hukum
o Sumber hukum
o Lembaga- lembaga peradilan
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
Menganalisis berbagai buku sumber tentang
pengertian sistem hukum dan penggolongan hukum.
Berdiskusi hasil kajian tentang sumber
hukum, pengertian lembaga peradilan
nasional dan dasar hukum lembaga peradilan nasional
|
·
Mendeskripsikan pengertian
hukum
·
Menentukan macam-macam
penggolongan Hukum
·
Mendeskripsikan sumber
hukum formal dan material
·
Menjelaskan sistem tata
hukum Indonesia
·
Mendeskripsikan pengertian
dan dasar hukum lembaga peradilan nasional
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Soehino (1987) Ilmu Negara, Jakarta
· Sudargo Gautama (1987), Hukum Perdata Internasional Indonesia, Jakarta,
Alumni
|
2.2 Menganalisis peranan
lembaga-lembaga peradilan
|
Lembaga Peradilan
o Perangkat atau alat kelengkapan lembaga peradilan
o Klasifikasi lembaga peradilan
o Tingkatan lembaga peradilan
o Peranan atau tugas dan fungsi lembaga peradilan
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji berbagai literatur tentang perangkat lembaga peradilan
Berdiskusi kelompok hasil kajian tentang
macam-macam lembaga peradilan dan peranan lembaga peradilan
Melihat praktek peradilan pada tingkat
pengadilan negeri
|
·
Menguraikan perangkat lembaga
peradilan
·
Menganalisis macam-macam
lembaga peradilan
·
Menganalisis peranan
lembaga peradilan
·
Menganalisis pelaksanaan
lembaga peradilan
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi Laporan
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· UU kehakiman Republik Indonesia
· Lembaga pemasyarakatan
|
2.3 Menunjukkan sikap yang
sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku
|
Sikap yang sesuai dengan hukum
o Perbuatan-perbuatan
yang sesuai dan yang bertentangan dengan hukum
o Contoh perbuatan yang
melanggar hukum beserta sanksinya
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
Berdiskusi tentang sikap taat pada hukum
Menganalisis macam-macam perbuatan yang
bertentangan dengan hukum dan sanksinya
|
·
Menunjukkan contoh sikap taat
terhadap hukum
·
Menganalisis macam-macam
perbuatan yang bertentangan dengan hukum
·
Menganalisis macam-macam
sanksi sesuai hukum yang berlaku
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o Presentasi
|
2
x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Berbagai media cetak dan elektronik
|
2.4 Menganalisis upaya
pemberantasan korupsi di Indonesia
|
Pemberantasan korupsi
o Pengertian Korupsi
o Dasar hukum pemberantas korupsi
o Klasifikasi perbuatan korupsi
o Kasus korupsi yang telah dikenakan sanksi
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji dari berbagai literatur tentang aturan dan macam – macam
perbuatan yang berkategori korupsi
Mengkaji media cetak tentang contoh
pemberantasan korupsi di Indonesia
Berdiskusi hasil kajian pemberantasan korupsi di Indonesia
|
·
Mendeskripsikan
macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi
·
Menganalisis macam-macam
perbuatan yang berkategori korupsi
·
Menunjukkan contoh tindak
pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Kumpulan naskah yang dikeluarkan oleh KPK
|
2.5 Menampilkan peran serta
dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
|
Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi
di Indonesia
o Macam- macam Gerakan atau organisasi anti korupsi
o Contoh peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak korupsi
o Sikap diri anti korupsi
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
Menelaah berbagai literatur tentang korupsi tentang
perbuatan sikap anti korupsi
Mendiskusikan tentang macam- macam
perbuatan anti korupsi
|
·
Menunjukkan contoh sikap anti
korupsi
·
Menunjukkan contoh gerakan/
organisasi anti korupsi
·
Menganalisis macam-macam
perbuatan anti korupsi
·
Manampilkan sikap anti
korupsi
|
·
Non tes: Performance tes
(tugas kelompok/ individu)
·
Tes tertulis (Uraian, pilihan
ganda, lainnya)
·
Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Media cetak dan elektronik
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas
: X
Semester
: 1
Standar
Kompetensi :
3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan
Hak Asasi Manusia (HAM)
Alokasi Waktu
: 6 X 45 Menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1 Menganalisis upaya
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM
|
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM
o
Pengertian dan macam- macam HAM
o
Upaya pemerintah dalam menegakan HAM
o
Instrumen atau dasar hukum yang mengatur HAM
o
Peran masyarakat dalam menegakan HAM
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji dari berbagai pustaka (buku paket dan sumber lain) tentang pengertian, macam- macam instrumen
HAM
Mendiskusikan artikel tentang upaya pemajuan, penghormatan, dan
penegakan HAM yang dilakukan
pemerintah, individu dan masyarakat
|
·
Menganalisis upaya pemajuan,
penghormatan, dan penegakan HAM yang
dilakukan pemerintah
·
Menentukan instrumen HAM
nasional
·
Mendeskripsikan upaya pemajuan,
penghormatan, dan penegakan HAM yang
dilakukan oleh individu dan masyarakat
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Fakih Mansour, Antonius
M. Indrianto, Eko Prasetyo, (2003), Menegakkan
Keadilan dan Kemanusiaan, Pogunglor C-145, Yogyakarta: Insist Press.
· Mansyur Effendi, (
1993), HAM, Jakarta, GI
|
3.2 Menampilkan peran serta
dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
|
peran serta dalam penegakan HAM
di Indonesia
o
Proses pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
o
Pelanggaran HAM dan penangganan kasus pelanggaran HAM
o contoh perilaku yang
sesuai dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji berbagai sumber tentang proses
penegakkan HAM, menentukan sikap,
perilaku yang sesuai dengan upaya pemajuan,
penghormatan, dan penegakan HAM di
Indonesia
Melalui pengamatan dapat
mengilustrasikan dan menyimpulkan contoh perilaku dalam penegakkan HAM
|
·
Menguraikan proses dalam upaya pemajuan,
penghormatan, dan penegakan HAM
·
Mengilustrasikan berbagai
kasus pelanggaran HAM
·
Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM di Indonesia
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· UU HAM
· Munir (2003), HAM dan posisi Hukum, LPTHI Ikadin, Jakarta
|
3.3 Mendeskripsikan
instrumen hukum dan peradilan internasional
HAM
|
instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
o
Instrumen HAM Internasional
o
Kasus –kasus pelanggaran HAM internasional
o
Proses dan sanksi pelanggaran HAM pada Peradilan
Internasional
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
Mengkaji beberapa literatur dan
sumber bacaan tentang instrumen hukum dan peradilan internasional HAM serta menunjukkan bentuk pelanggaran
HAM internasional
|
·
Mendeskripsikan instrumen HAM
internasional
·
Menunjukkan bentuk pelanggaran
HAM internasional
·
Mendeskripsikan peradilan HAM
internasional
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o Presentasi
|
2 x 45
|
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
· Aturan HAM Internasional
|
Purbalingga,
……Juli 2012
Mengetahui
Kepala SMK
YPLP Perwira Purbalingga Guru Mata Pelajaran
KURNIAWAN
HERY S,S.Pd TRI
ARYANTO, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar