Senin, 05 November 2012

BUKU SATU PK GURU



PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU






BIMBINGAN TEKNIS MANAJEMEN PROFESIONALISME GURU

KEGIATAN 4 
PEMAHAMAN TERHADAP KONSEP, PROSES, DAN INSTRUMEN PENDUKUNG PK GURU
(EVALUASI 1)

NAMA                     : ______________________
NO PESERTA        : ______________________
INSTANSI               : ______________________




KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN
DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2012

Kegiatan 4:  Evaluasi Pemahaman Konsep, Proses, dan Instrumen PK Guru

Tujuan        : Mengukur pemahaman peserta pelatihan terhadap konsep dasar dan mekanisme   PK Guru dan PKB Guru
Waktu       :  1 x 45 menit
Kegiatan    :
1.    Secara individu, peserta menjawab pertanyaan berikut ini.
2.    Setelah selesai dikerjakan dikumpulkan ke fasilitator.

Pertanyaan:                                                              
1.    Jelaskan konsep dasar PK Guru yang mencakup pengertian, tujuan, dan manfaatnya!
2.    PK Guru di sekolah dilakukan satu kali dalam satu periode, diawali dengan evaluasi diri pada awal periode dan  diakhiri dengan penilaian kinerja guru pada akhir periode.  Jelaskan pernyataan tersebut!
3.    Jelaskan  proses PK Guru!
4.    Siapa sajakah yang dapat melakukan PK Guru di sekolah dan apa persyaratannya?
5.    Jika terjadi ketidaksepakatan antara penilai dan guru yang dinilai, tindakan apa yang harus dilakukan sekolah?
6.    Dalam merencanakan PKB Guru ada 3 hal yang perlu diperhatikan. Jelaskan ketiga hal tersebut! Berikan alasannya!
7.    Berdasarkan PermennegPAN dan RB No. 16 Tahun 2009 ada berbagai kegiatan PKB yang dapat dilakukan oleh guru, yaitu:
·         Diklat fungsional
·         Publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan ilmu di bidang pendidikan formal
·         Menemukan teknologi tepat guna
·         Publikasi buku pelajaran, buku pengayaan, dan pedoman guru
·         Kegiatan kolektif guru
·         Membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum
·         Mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman,  soal dan sejenisnya
·         Presentasi pada forum ilmiah
·         Menemukan/menciptakan karya seni
Kelompokkan kegiatan tersebut ke dalam 3 sub unsur PKB Guru!


8.    Lengkapi dan jelaskan makna gambar berikut ini!
9.    Jelaskan peran koordinator PKB Guru tingkat sekolah!
10.    Aminah, S.Pd adalah  guru di SDN Merdeka, hasil PK Guru masih mendapatkan nilai 2 pada indikator “guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif. Tuliskan saran rencana dan strategi PKB Guru yang sesuai untuk guru tersebut!







LEMBAR JAWABAN













































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar