PEMBINAAN DAN
PENGEMBANGAN PROFESI GURU
BIMBINGAN
TEKNIS MANAJEMEN PROFESIONALISME GURU
KEGIATAN 4
PEMAHAMAN TERHADAP KONSEP, PROSES, DAN
INSTRUMEN PENDUKUNG PK
GURU
(EVALUASI 1)
NAMA
: ______________________
NO PESERTA : ______________________
INSTANSI : ______________________
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN PENGEMBANGAN
SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN
DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN
MUTU PENDIDIKAN
2012
Kegiatan 4: Evaluasi Pemahaman Konsep, Proses, dan Instrumen PK
Guru
Tujuan : Mengukur pemahaman peserta pelatihan terhadap konsep dasar
dan mekanisme
PK Guru dan PKB Guru
Waktu : 1 x 45 menit
Kegiatan :
1.
Secara
individu, peserta menjawab pertanyaan berikut ini.
2. Setelah selesai dikerjakan dikumpulkan ke fasilitator.
Pertanyaan:
1. Jelaskan konsep dasar PK Guru
yang mencakup pengertian, tujuan, dan manfaatnya!
2.
PK Guru di sekolah dilakukan satu kali dalam satu
periode, diawali dengan evaluasi diri pada awal periode dan diakhiri dengan penilaian kinerja guru pada
akhir periode. Jelaskan pernyataan
tersebut!
3.
Jelaskan
proses PK Guru!
4.
Siapa sajakah yang dapat melakukan PK Guru di sekolah
dan apa persyaratannya?
5.
Jika terjadi ketidaksepakatan antara penilai dan guru
yang dinilai, tindakan apa yang harus dilakukan sekolah?
6.
Dalam merencanakan PKB Guru ada 3 hal yang perlu
diperhatikan. Jelaskan ketiga hal tersebut! Berikan
alasannya!
7.
Berdasarkan PermennegPAN dan RB No. 16 Tahun 2009 ada
berbagai kegiatan PKB yang dapat dilakukan oleh guru, yaitu:
·
Diklat fungsional
·
Publikasi ilmiah atas hasil
penelitian atau gagasan ilmu di bidang pendidikan formal
·
Menemukan teknologi tepat
guna
·
Publikasi buku pelajaran,
buku pengayaan, dan pedoman guru
·
Kegiatan kolektif guru
·
Membuat/memodifikasi alat
pelajaran/peraga/praktikum
·
Mengikuti pengembangan
penyusunan standar, pedoman, soal dan
sejenisnya
·
Presentasi pada forum ilmiah
·
Menemukan/menciptakan karya
seni
Kelompokkan kegiatan tersebut ke dalam 3 sub
unsur PKB Guru!
8.
Lengkapi dan jelaskan makna gambar berikut ini!
9.
Jelaskan
peran koordinator PKB Guru tingkat
sekolah!
10.
Aminah, S.Pd adalah guru di SDN Merdeka, hasil PK Guru masih
mendapatkan nilai 2 pada indikator “guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif”. Tuliskan saran rencana dan
strategi PKB Guru yang
sesuai untuk guru tersebut!
LEMBAR JAWABAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar