PROGAM SEMESTER GANJIL
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
KELAS XII / SEMESTER 1
TAHUN 2012 / 2013
NO
|
SMT
|
STANDAR
KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
JULI 2011
|
AGUSTUS 2011
|
SEPTEMBER 2011
|
||||||||||||
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
1
|
MENAMPILKAN SIKAP POSITIF TERHADAP PANCASILA SEBAGAI
IDEOLOGI TERBUKA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. Mendeskripsikan Pancasila sebagai Ideologi
terbuka
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Menganalis Pancasila sebagai sumber nilai
dan paradigma pembagunan
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Menampilkan sikap positif terhadap
Pancasila sebagai ideology terbuka
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ULANGAN
HARIAN 1
|
2 X 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
OKTOBER 2011
|
NOPEMBER 2011
|
DESEMBER 2011
|
||||||||||||
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
ULANGAN
TENGAH SEMESTER
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MENGEVALUASI
BERBAGAI SISTEM PEMERINTAHAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. Menganalisis system pemerintahan di
berbagai negara
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Menganalisis system pemerintahan di Indonesia
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Membandingkan system pemerintahan yang
berlaku di Indonesia
dengan Negara lain
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ULANGAN
HARIAN 2
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ULANGAN
SEMESTER GANJIL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Purbalingga, ........Juli
2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga
KURNIAWAN
HERY S,S.Pd TRI ARYANTO, S.Pd
PROGAM SEMESTER GENAP
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
KELAS XII / SEMESTER 2
TAHUN 2012/ 2013
NO
|
SMT
|
STANDAR
KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
JANUARI 2012
|
PEBRUARI 2012
|
MARET 2012
|
||||||||||||
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
2
|
MENGEVALUASI
PERANAN PERS DALAM MASYARAKAT DEMOKRASI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan
peran sertaperkembangan pers di Indonesia
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Menganalisis pers yang bebas dan
bertangungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratik di
Indonesia
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak
penyalahgunaan kebebasan media masa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ULANGAN HARIAN 1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
APRIL 2012
|
MEI 2012
|
JUNI 2012
|
||||||||||||
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
MENGEVALUASI DAMPAK GLOBALISASI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A.
Mendeskripsikan proses , aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan
bernegara Indonesia
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Menentukan
sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan Negara
Indonesia
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D.
Mempresntasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa
dan Negara Indonesia
|
2
x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ULANGAN HARIAN 2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Purbalingga, ........Juli
2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga
KURNIAWAN HERY S,S.Pd TRI ARYANTO, S.Pd
PROGAM SEMESTER GANJIL
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
KELAS XI / SEMESTER 1
TAHUN 2012 / 2013
NO
|
SMT
|
STANDAR
KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
JULI 2011
|
AGUSTUS 2011
|
SEPTEMBER 2011
|
||||||||||||
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
1
|
MENGANALISA BUDAYA POLITIK DI INDONESIA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. Mendeskripsikan Pengertian Budaya Politik
|
2 X 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Menganalisa
tipe – tipe budaya politik yang
berkembang di Indonesia
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Mendeskripsikan pentingnya
sosialisasi pengembangan budaya
politik
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. Menampilkan peranserta budaya politik
partisipan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MENGANALISA
BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. Pengertian dan prinsip – prinsip budaya
demokrasi
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat
demokrasi
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Menganalisis pelaksanaan demokrasi di
Indonesia sejak orde lama, orde baru
dan reformasi
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
harian 1
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
OKTOBER 2011
|
NOPEMBER 2011
|
DESEMBER 2011
|
||||||||||||
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
ULANGAN
TENGAH SEMESTER GANJIL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MENAMPILKAN
SIKAP KETERBUKAAN DAN KEADILAN DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. Pengertian dan pentingnya keterbukaan dan
keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Dampak penyelenggaraan pemerintahan yang
tidak transparan
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Sikap keterbukaan dan keadilan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian 2
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ULANGAN
SEMESTER GANJIL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Purbalingga, ........Juli
2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga
KURNIAWAN
HERY S,S.Pd TRI ARYANTO, S.Pd
PROGAM
SEMESTER GENAP
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
KELAS XI / SEMESTER 2
TAHUN 2012 / 2013
NO
|
SMT
|
STANDAR
KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
JANUARI
2012
|
PEBRUARI 2012
|
MARET 2012
|
||||||||||||
1
|
2
|
MENGANALISA HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN
ORGANISASI INTERNASIONAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. Pengertian
pentingnya dan sarana hubungan internasional bagi suatu bangsa
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
Menjalankan tahap – tahap perjanjian internasional
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
Menganalisis fungsi perwakilan internasional
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. Peranan
organisasi asean, asia afrika, PBB dalam
meningkatkan hubungan internasional
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian 1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
APRIL 2012
|
MEI 2012
|
JUNI 2012
|
||||||||||||
|
|
SISTEM HUKUM DAN P[ERADILAN INTERNASIONAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. Sistem hukum dan peradilan internasional
|
2 x 45 m2nit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Penyebab
timbulnya sengketa internasional
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Menghargai
putusan Mahkamah Internasional
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian 2
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ULANGAN SEMESTER GENAP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Purbalingga, ........Juli
2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga
KURNIAWAN HERY S,S.Pd TRI ARYANTO, S.Pd
PROGAM SEMESTER GANJIL
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
KELAS X / SEMESTER 1
TAHUN 2012 / 2013
NO
|
SMT
|
STANDAR
KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
JULI 2010
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
||||||||||||
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
1
|
Hakekat
bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Makna manusia, bangsa dan negara
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Fungsi
dan Tujuan NKRI
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semangat
kebangsaan Nasionalisme dan Patriotisme
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
System
hokum dan peradilan nasional
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Klasifikasi sistem hokum nasional
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Macam – macam lembaga peradilan dan peranannya
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian 2
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
OKTOBER
|
NOPEMBER
|
DESEMBER
|
||||||||||||
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
ULANGAN TENGAH SEMESTER GANJIL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UPAYA
PEMAJUAN PENGHORMATAN DAN PERLINDUNGAN HAM
|
6 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Upay
pemajuan dan penghormatan HAM
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian 3
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Peran serta dalam penegakan HAM di Indonesia
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian 4
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Akhir semester Ganjil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK YPLP
Perwira Purbalingga
KURNIAWAN HERY S,S.Pd TRI ARYANTO, S.Pd
PROGAM SEMESTER GENAP
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
KELAS X / SEMESTER 2
TAHUN 2011 / 2012
NO
|
SMT
|
STANDAR
KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
JANUARI
2011
|
PEBRUARI
|
MARET
|
||||||||||||
1
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. Pengertian
pentingnya dan sarana hubungan internasional bagi suatu bangsa
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
Menjalankan tahap – tahap perjanjian internasional
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
Menganalisis fungsi perwakilan internasional
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. Peranan
organisasi asean, asia afrika, PBB dalam
meningkatkan hubungan internasional
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian 1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
APRIL
|
MEI
|
JUNI
|
||||||||||||
|
|
SISTEM HUKUM DAN P[ERADILAN INTERNASIONAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. Sistem hukum dan peradilan internasional
|
2 x 45 m2nit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Penyebab
timbulnya sengketa internasional
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Menghargai
putusan Mahkamah Internasional
|
4 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian 2
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Purbalingga, ........Juli
2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga
KURNIAWAN HERY S,S.Pd TRI ARYANTO, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar