Senin, 05 November 2012

LEMBAR VERIFIKASI PK GURU



LEMBAR VERIFIKASI PENILAIAN   HASIL PENGAMATAN   INDIKATOR  KINERJA GURU

Indikator Kinerja Guru
Butir Penilaian Indikator
Nomor Pengamatan
Hasil Penilaian
Ya
Tidak
1.  Guru memulai pembelajaran dengan efektif
a.   Melakukan apersepsi



b.   Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan



2.  Guru menguasai materi pelajaran
a.   Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.



b.   Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan IPTEK, dan kehidupan nyata .



c.   Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.



d.   Kemampuan menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)



3.  Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
a.   Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai



b.   Melaksanakan pembelajaran secara runtut



c.   Menguasai kelas



d.   Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual



e.   Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)



f.    Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan



4.  Guru memanfaatkan sumber belajar/media dalam pembelajaran

a.   Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran



b.   Menghasilkan pesan yang menarik



c.   Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran



5.  Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
a.   Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar



b.   Merespon positif partisipasi siswa



c.   Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa



d.   Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif



e.   Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar



6.  Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran

a.   Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar



b.   Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar



c.   Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai



7. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
a. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa



b. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan



Jika sudah sesuai pindahkan skor pada lembar berikut


LEMBAR PENILAIAN   INDIKATOR  KINERJA GURU

Indikator Kinerja Guru
Butir Penilaian Indikator
Hasil Penilaian
Ya
Tidak
1.    Guru memulai pembelajaran dengan efektif
a.   Melakukan apersepsi


b.   Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

2.    Guru menguasai materi pelajaran
a.   Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.


b.   Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata .


c.   Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.


d.   Kemampuan menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

3.    Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
a.   Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai


b.   Melaksanakan pembelajaran secara runtut


c.   Menguasai kelas


d.   Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual


e.   Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan


tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)


f.    Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

4.    Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran

a.   Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran


b.   Menghasilkan pesan yang menarik


c.   Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

5.    Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
a.   Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar


b.   Merespon positif partisipasi siswa


c.   Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa


d.   Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif


e.   Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

6.    Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran

a.   Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar


b.   Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar


c.   Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai


7. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
a. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa


b. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar