LEMBAR VERIFIKASI PENILAIAN HASIL PENGAMATAN INDIKATOR KINERJA GURU
Indikator
Kinerja Guru
|
Butir Penilaian Indikator
|
Nomor Pengamatan
|
Hasil
Penilaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1. Guru memulai pembelajaran
dengan efektif
|
a.
Melakukan apersepsi
|
|
|
|
b.
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan
|
|
|
|
|
2. Guru menguasai materi
pelajaran
|
a.
Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan
pembelajaran.
|
|
|
|
b.
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain
yang relevan, perkembangan IPTEK, dan
kehidupan nyata .
|
|
|
|
|
c.
Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.
|
|
|
|
|
d. Kemampuan
menyajikan materi secara sistematis
(mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
|
3. Guru menerapkan
pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
|
a. Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
|
|
|
|
b. Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
|
|
|
|
c. Menguasai kelas
|
|
|
|
|
d. Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
|
|
|
|
e.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan
positif (nurturant effect)
|
|
|
|
|
f. Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
|
|
|
|
4. Guru memanfaatkan sumber
belajar/media dalam pembelajaran
|
a. Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran
|
|
|
|
b. Menghasilkan
pesan yang menarik
|
|
|
|
|
c. Melibatkan siswa
dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
|
|
|
|
|
5. Guru memicu dan/atau
memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
|
a. Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar
|
|
|
|
b. Merespon positif
partisipasi siswa
|
|
|
|
|
c. Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respons siswa
|
|
|
|
|
d. Menunjukkan
hubungan antar pribadi yang kondusif
|
|
|
|
|
e. Menumbuhkan
keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
|
|
|
|
|
6. Guru menggunakan bahasa yang
benar dan tepat dalam pembelajaran
|
a. Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
|
|
|
b. Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar
|
|
|
|
|
c. Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai
|
|
|
|
|
7. Guru
mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
a. Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
|
|
|
b.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau
tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
|
|
|
|
|
Jika sudah
sesuai pindahkan skor pada lembar
berikut
|
LEMBAR PENILAIAN INDIKATOR KINERJA GURU
Indikator
Kinerja Guru
|
Butir Penilaian Indikator
|
Hasil
Penilaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
Guru
memulai pembelajaran dengan efektif
|
a.
Melakukan apersepsi
|
|
|
b.
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian
indikator kinerja
|
|
||
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
|
||
2.
Guru
menguasai materi pelajaran
|
a.
Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan
pembelajaran.
|
|
|
b.
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain
yang relevan, perkembangan Iptek , dan
kehidupan nyata .
|
|
|
|
c.
Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.
|
|
|
|
d. Kemampuan
menyajikan materi secara sistematis
(mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||
Nilai indikator kinerja
guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
|
||
3.
Guru
menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
|
a. Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
|
|
|
b. Melaksanakan pembelajaran
secara runtut
|
|
|
|
c. Menguasai kelas
|
|
|
|
d. Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
|
|
|
e. Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan
|
|
|
|
tumbuhnya kebiasaan
positif (nurturant effect)
|
|
|
|
f. Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||
Nilai indikator kinerja
guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
|
||
4.
Guru
memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
a.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media
pembelajaran
|
|
|
b. Menghasilkan
pesan yang menarik
|
|
|
|
c. Melibatkan siswa
dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||
Nilai indikator kinerja
guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
|
||
5.
Guru
memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
|
a.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru,
siswa, sumber belajar
|
|
|
b. Merespon positif
partisipasi siswa
|
|
|
|
c. Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respons siswa
|
|
|
|
d. Menunjukkan
hubungan antar pribadi yang kondusif
|
|
|
|
e. Menumbuhkan
keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk
penilaian indikator kinerja
|
|
||
Nilai indikator kinerja
guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
|
||
6.
Guru
menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
a. Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
|
|
b. Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar
|
|
|
|
c. Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai
|
|
|
|
7. Guru
mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
a. Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
|
|
b.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau
tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||
Nilai indikator kinerja
guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar