SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program :
XI / Semua Progrm Keahlian
Semester :
Ganjil
Standar Kompetensi :
1. menganalisis budaya politik di Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber /
Bahan / Alat
|
|
Metode
|
Bentuk
|
|||||||||
1.1
1.2
1.3
1.4
|
Mendeskripsikan pengertian budaya politik
menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
Indonesia
mendeskripsikan pentingnya
sosialisasi pengembangan budaya politik
menampilkan peran serta budaya politik partisipan
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
· Mendeskripsikan pengertian budaya politik
· Mengidentifikasi
tipe-tipe budaya politik menurut Almond, dkk
· Mengidentifikasi
tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia
· Menganalisis budaya
politik yang berkembang di Indonesia
§ Mendeskripsikan budaya
politik partisipan di Indonesia
|
1.1.1pengertian budaya politik
1.2.1tipe-tipe budaya politik menurut
Gabriel A. Almond dan Sidney Verba
1.2.2 tipe-tipe budaya politik
yang berkembang di Indonesia
1.3.1 Budaya politik yang berkembang di Indonesia
1.4.1 Budaya Politik
Partisipan di Indonesia
|
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian budaya politik
§ Secara klasikal
mendiskusikan tipe-tipe budaya politik menurut Almond dan tipe-tipe budaya
politik yang berkembang di Indonesia
Secara kelompok menggali informasi
melalui media massa tentang budaya
politik yang berkembang di Indonesia
§ Mempresentasikan hasil
temuan dan diskusi kelompok (melalui media power point)
§ Secara individu
mendeskripsikan temuannya mengenai budaya politik partispan di Indonesia
|
Ulangan
Ulangan
Tugas kelompok
Pengamatan
Tugas individu
(PR)
|
Uraian
Uraian
Laporan diskusi
Dan Resume
Performance
kliping
|
1 jam
3 jam
2 jam
2 jam
2 jam
|
Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis
Budaya Politik oleh Almond , Bina
Aksara
1984
Bahan Internet
Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
Artikel dari koran dan internet
serta
Foto , CD
Alat Presentasi:
- laptop
- infocus
Bahan : petunjuk penugasan individu
dan
Artikel dari koran dan internet
serta
Foto , CD
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program :
XI / Semua Program keahlian
Semester :
Ganjil
Standar Kompetensi :
2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber /
Bahan / Alat
|
|
Metode
|
Bentuk
|
|||||||||
2.1
2.2
2.3
2.4
|
Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
Megidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde
baru, dan reformasi
Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
· Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi
· Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi
· Mendeskrisikan
pengertian masyarakat madani
· Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
· Menganalisis
pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia
§ Menunjukkkan perilaku
budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1pengertian budaya demokrasi
2.1.2 prinsip-prinsip budaya demokrasi
2.2.1 Pengertian masyarakat madani
2.2.2 Ciri-ciri masyarakat Madani
2.3.1 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era orde lama
2.3.2 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era orde baru
2.3.3 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era reformasi
Budaya Demokrasi dalam kehidupan Sehari-hari
|
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian budaya demokrasi
§ Secara klasikal
mendiskusikan prinsip-prinsip budaya demokrasi
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi
pustaka tentang pengertian masyarakat
madani dan mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
§ Secara berkelompok
menggali iinformasi melalui studi pustaka mengenai pelaksanaan demokrasi di
era orde lama
§ Secara individu melalui
media film ”Tragedi Jakarta 1998”
menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era Orba dan
Reformasi
§ Secara individu
menunjukkan perilaku pada masyarakat Indonesia yang mencermikan
budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
|
Kuis
Ulangan
Ulangan
Tugas Kelompok
Tugas Individu
Tugas Individu
(PR) |
Jawaban singkat
Uraian
Uraian
Laporan Tertulis
Laporan hasil analisa & Resume film
Kliping
|
1 jam
1 jam
2 jam
1 jam
3 jam
2 jam
|
Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis
Demokrasi, HAM dan Masyarakat madani, Tim ICCE UIN Jakarta, 2003
Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis
Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
Artikel dari koran dan internet
VCD Tragedi Jakarta 1998
Alat:
Laptop, infocus & speaker aktive
Artikel di media cetak, bahan internet
Alat:
Gunting, lem dan kertas A4
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program :
XI / Semua Program Keahlian
Semester :
Ganjil
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber /
Bahan / Alat
|
|
Metode
|
Bentuk
|
|||||||||
3.1
3.2
3.3
|
Mendeskripsikan pengertian dan
pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
Menunjukkan sikap keterbukaan dan
keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta
damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi ke
masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
· Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan
· Menguraikan pentingnya
keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
· Mengidentifikasi dampak
penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
§ Menunjukkan sikap
keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1.1pengertian keterbukaan
3.1.2 pengertian keadilan
3.1.3 Pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
3.2.1 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di
beberapa negara
3.2.2 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di
Indonesia
3.3.1 Keterbukaan dan Keadilan Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
|
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian keterbukaan dan keadilan
§ Secara klasikal
mendiskusikan alasan pentingnya
keterbukaan dan jaminan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
§ Secara kelompok
melalui media film ”The Rules in The World” menganalisis dampak pemerintahan yang tidak
transparan
§ Mempresentasik-an hasil
temuan dan diskusi kelompok (melalui media power point)
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi pustaka dan media internet mengenai
kasus-kasus keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
|
Ulangan
Ulangan
Tugas kelompok
Pengamatan
Tugas Individu
|
Uraian
Uraian
Laporan diskusi
Dan Resume
Lembar Pengamatan
Laporan tertulis & Kliping
|
1 jam
1 jam
2 jam
2 jam
2 jam
|
Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis
Bahan internet
Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
VCD ”The Rules in The
World”
Alat :
- laptop
- infocus
- speaker aktif
Alat :
Laptop & Infocus
Artikel dari media cetak dan
internet
serta
Foto , CD
|
Purbalingga,
……Juli 2012
Mengetahui
Kepala SMK
YPLP Perwira Purbalingga Guru Mata Pelajaran
KURNIAWAN
HERY S,S.Pd TRI
ARYANTO, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar