Powered By Blogger

Sabtu, 03 November 2012

SILABUS PKN SMK KELAS XI



SILABUS  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                         : SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program           : XI / Semua Progrm Keahlian
Semester                       : Ganjil
Standar Kompetensi   : 1. menganalisis budaya politik di Indonesia


No

Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi pokok/
Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber / Bahan / Alat
Metode
Bentuk

1.1








1.2











1.3
















1.4






Mendeskripsikan pengertian budaya politik






menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia








 mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik











menampilkan peran serta budaya politik partisipan


·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)



·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

·  Mendeskripsikan pengertian budaya politik






·  Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik menurut Almond, dkk
·  Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia




·  Menganalisis budaya politik yang berkembang di Indonesia












§ Mendeskripsikan budaya politik partisipan di Indonesia

1.1.1pengertian budaya politik







1.2.1tipe-tipe budaya politik menurut  Gabriel A. Almond dan Sidney Verba
1.2.2 tipe-tipe budaya politik  yang berkembang di Indonesia



1.3.1 Budaya politik yang berkembang di Indonesia














1.4.1 Budaya Politik Partisipan di Indonesia


§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang  pengertian budaya politik

§ Secara klasikal mendiskusikan tipe-tipe budaya politik menurut Almond dan tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia



Secara kelompok  menggali informasi melalui media massa tentang  budaya politik yang berkembang di Indonesia
§ Mempresentasikan hasil temuan dan  diskusi kelompok  (melalui media power point)

§ Secara individu mendeskripsikan temuannya mengenai budaya politik partispan di Indonesia



Ulangan








Ulangan











Tugas  kelompok







Pengamatan







Tugas individu

(PR)






Uraian








Uraian











Laporan diskusi
Dan Resume




Performance







 kliping









1 jam








3 jam











2 jam








2 jam








2 jam









Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis

Budaya Politik  oleh Almond , Bina Aksara
1984
Bahan Internet

Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
Artikel dari koran dan internet
serta
Foto , CD
Alat Presentasi:
- laptop
- infocus

Bahan : petunjuk penugasan individu
dan
Artikel dari koran dan internet
serta
Foto , CD



SILABUS  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                 : SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
Mata Pelajaran                : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program               : XI / Semua  Program keahlian
Semester                           : Ganjil
Standar Kompetensi       : 2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani

No
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber / Bahan / Alat
Metode
Bentuk

2.1























2.2






















2.3






















2.4

Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi





















Megidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani



















Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi

















Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari

·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab


·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)






·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)




·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)




·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

·  Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi

·  Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi
















·  Mendeskrisikan pengertian masyarakat madani
·  Mengidentifikasi  ciri-ciri masyarakat madani















·  Menganalisis pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia


















§ Menunjukkkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari

2.1.1pengertian budaya demokrasi


2.1.2 prinsip-prinsip budaya demokrasi

















2.2.1 Pengertian masyarakat madani

2.2.2 Ciri-ciri masyarakat Madani
















2.3.1 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era orde lama

2.3.2 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era orde baru
2.3.3 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era reformasi







Budaya Demokrasi dalam kehidupan Sehari-hari

§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang  pengertian budaya demokrasi

§ Secara klasikal mendiskusikan prinsip-prinsip budaya demokrasi












§ Secara individu menggali informasi melalui  studi pustaka  tentang pengertian masyarakat madani dan mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani











§ Secara berkelompok menggali iinformasi melalui studi pustaka mengenai pelaksanaan demokrasi di era orde lama

§ Secara individu melalui media film ”Tragedi Jakarta 1998”  menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era Orba dan Reformasi



§ Secara individu menunjukkan  perilaku pada  masyarakat Indonesia yang mencermikan budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari

Kuis




Ulangan



















 Ulangan






















Tugas Kelompok

Tugas  Individu
















Tugas Individu

(PR)


Jawaban singkat



Uraian



















Uraian






















Laporan Tertulis


Laporan hasil analisa & Resume film













Kliping









1 jam




1 jam



















2 jam






















1  jam



3 jam
















2 jam









Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis

Demokrasi, HAM dan Masyarakat madani, Tim ICCE UIN Jakarta, 2003













Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis

Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
Artikel dari koran dan internet

VCD Tragedi Jakarta 1998
Alat:
Laptop, infocus & speaker aktive

Artikel di media cetak, bahan internet
Alat:
Gunting, lem dan kertas A4








SILABUS  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                   : SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program                 : XI / Semua Program Keahlian
Semester                             : Ganjil
Standar Kompetensi         : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

No
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber / Bahan / Alat
Metode
Bentuk

3.1























3.2






















3.3






Mendeskripsikan pengertian  dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

















menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan

















 Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara





·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab


·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)





·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)




·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

·  Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan
·  Menguraikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara













·  Mengidentifikasi dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
















§ Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari

3.1.1pengertian keterbukaan
3.1.2 pengertian keadilan
3.1.3 Pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara















3.2.1 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di beberapa negara
3.2.2 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di Indonesia











3.3.1 Keterbukaan dan Keadilan Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara













§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang  pengertian keterbukaan dan keadilan

§ Secara klasikal mendiskusikan  alasan pentingnya keterbukaan dan jaminan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara










§ Secara kelompok  melalui media film ”The Rules in The World”  menganalisis dampak pemerintahan yang tidak transparan














§  Mempresentasik-an hasil temuan dan  diskusi kelompok  (melalui media power point)




§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka dan media internet mengenai kasus-kasus keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 


Ulangan







Ulangan
















Tugas  kelompok



















Pengamatan








Tugas Individu







Uraian







Uraian
















Laporan diskusi
Dan Resume

















Lembar Pengamatan







Laporan tertulis & Kliping





1 jam







1 jam















2 jam




















2 jam








2 jam











Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis
Bahan internet



















Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
VCD ”The Rules in The World”
Alat :
- laptop
- infocus
- speaker aktif
Alat :
Laptop & Infocus




Artikel dari media cetak  dan internet
serta
Foto , CD



                                                                                                                                                                                                Purbalingga, ……Juli 2012
                 Mengetahui                                                     
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga                                                                                                                                                                                             Guru Mata Pelajaran





                                                                                     
            KURNIAWAN HERY S,S.Pd                                                                                                                                                  TRI ARYANTO, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar