PEMETAAN
SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan Pendidikan :
SMK YPLP PERWIRA PURBALINGGA
Mata Pelajaran :
Pendidikan
Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester :
X/1
Tahun Pelajaran :
2012 / 2013
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Aspek
|
Ket
|
|
Penguasaan Konsep
dan Nilai-nilai
|
Penerapan
|
||||
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
1.1.
Mendeskripsikan
hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
|
Mendeskripsikan kedudukan
manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya
bangsa
Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
|
|
|
|
1.2. Mendeskripsikan hakikat negara dan
bentuk-bentuk kenegaraan
|
Menganalisis pengertian Negara
Mendeskripsikan asal mula
terjadinya negara
Menguraikan pentingnya
pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
Membandingkan
bentuk-bentuk kenegaraan
|
|
|
|
|
|
1.3. Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
|
Menguraikan pengertian dan
fungsi negara
Membandingkan berbagai
teori tentang fungsi dan tujuan Negara
Mendeskripsikan tujuan
Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
|
|
|
|
1.4. Menunjukkan semangat kebangsaan,
nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
|
Mendeskripsikan makna
semangat kebangsaan
Menguraikan macam-macam
perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
Menunjukkan contoh
perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
Menunjukkan sikap positif
terhadap patriotisme Indonesia
|
|
|
|
2. Menampil-kan sikap positif terhadap sistem hukum dan
peradilan nasional
|
2.1.
Mendeskripsikan
pengertian sistem hukum dan peradilan nasional
|
Mendeskripsikan pengertian
hukum
Menentukan macam-macam
penggolongan Hukum
Mendeskripsikan sumber
hukum formal dan material
Menjelaskan sistem tata
hukum Indonesia
Mendeskripsikan pengertian
dan dasar hukum lembaga peradilan nasional
|
|
|
|
|
2.2.
Menganalisis
peranan lembaga-lembaga peradilan
|
Menguraikan perangkat
lembaga peradilan
Menganalisis macam-macam
lembaga peradilan
Menganalisis peranan
lembaga peradilan
Menganalisis pelaksanaan
lembaga peradilan
|
|
|
|
|
2.3. Menunjukkan sikap yang sesuai dengan
ketentuan hukum yang berlaku
|
Menunjukkan contoh sikap
taat terhadap hukum
Menganalisis macam-macam
perbuatan yang bertentangan dengan hukum
Menganalisis macam-macam
sanksi sesuai hukum yang berlaku
|
|
|
|
|
2.4. Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di
Indonesia
|
Mendeskripsikan
macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi
Menganalisis macam-macam
perbuatan yang berkategori korupsi
Menunjukkan contoh tindak
pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi
|
|
|
|
|
2.5. Menampilkan peran serta dalam upaya
pemberantasan korupsi di Indonesia
|
Menunjukkan contoh sikap
anti korupsi
Menunjukkan contoh
gerakan/ organisasi anti korupsi
Menganalisis macam-macam
perbuatan anti korupsi
Manampilkan sikap anti
korupsi
|
|
|
|
3. Menampil-kan peran serta dalam upaya pemajuan,
penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)
|
3.1.
Menganalisis
upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM
|
Menganalisis upaya
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM yang dilakukan pemerintah
Menentukan instrumen HAM
nasional
Mendeskripsikan upaya
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat
|
|
|
|
|
3.2. Menampilkan peran serta dalam upaya
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM di Indonesia
|
Menguraikan proses dalam
upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM
Mengilustrasikan berbagai
kasus pelanggaran HAM
Menyimpulkan contoh
perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
|
|
|
|
|
3.3. Mendeskripsikan instrumen hukum dan
peradilan internasional HAM
|
Mendeskripsikan instrumen
HAM internasional
Menunjukkan bentuk
pelanggaran HAM internasional
Mendeskripsikan peradilan
HAM internasional
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Purbalingga, ……Juli 2012
Mengetahui
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga Guru Mata Pelajaran
KURNIAWAN HERY S,S.Pd TRI
ARYANTO, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar