KRITERIAN
KETUNTASAN MINIMAL
|
||||||||
MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS
X SEMESTER 1
|
||||||||
|
Mapel,
Standart Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator
|
Kriterian
Ketuntasan Minimal
|
||||||
Kriterian
Penetapan
|
Nilai KKM
|
Nilai
KKM KD
|
Nilai
KKM SK
|
Nilai
KKM Mapel
|
||||
Kompleksitas
|
Daya
dukung
|
Intake
|
||||||
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
|
|
|
|
|
|
|
73
|
|
Standart
Kompetensi
|
|
|
|
|
|
74
|
|
|
1
|
HAKEKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN
RI
|
|
|
|
|
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
|
|
|
|
74
|
|
|
|
1.1
|
Menganalisis hakekat bangsa dan
unsure unsur – unsur terbentuknya negara
|
75
|
70
|
70
|
71
|
|
||
Indikator
|
|
|||||||
.1.1.1
|
Mendiskripsikan
manusia sebagai mahluk individu dan mahluk sosial
|
75
|
73
|
70
|
72
|
|
||
1.1.2
|
Menguraikan
pengertian bangsa dan unsure terbentuknya bangsa
|
70
|
70
|
73
|
71
|
|
||
1.1.3
|
Menganalisis
pengertian negara dan unsur terbentuknya negara
|
75
|
73
|
70
|
73
|
|
||
1.1.4
|
Menganalisis
pengertian negara
|
70
|
70
|
73
|
71
|
|
||
Kompetensi
Dasar
|
|
|||||||
2.2
|
Mendeskripsikan
hakekat negara dan bentuk – bentuk negaraMendeskrpsikan negara dan bentuk –
bentuk negara
|
73
|
|
|||||
Indikator
|
|
|||||||
2.2.1
|
Mendeskripsikan
asal mula terjadinya negara
|
75
|
72
|
71
|
73
|
|
||
2.2.2
|
Menguraikan
pentingnya pengakuan oleh negara lainbagi suatu negara
|
72
|
72
|
71
|
72
|
|
||
2.2.3
|
Membandingkan
bentuk – bentuk kenegaraan
|
72
|
72
|
71
|
72
|
|
||
Standar
Kompetensi
|
73
|
|
||||||
3
|
Mendiskripsikan
hakekat bangsa dan Negara Kesatuan Repubik Indonesia
|
73
|
72
|
71
|
72
|
72
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
|
|||||||
3.1
|
Menjelaskan
fungsi dan tujuan NKRI
Menunjukan
semangat kebangsaan , Nasionalisme dan Patriotisme
|
72
|
72
|
71
|
71
|
72
|
|
|
Indikator
|
||||||||
3.1.1
|
Menguraikan
pengertian dan fungsi negara
|
72
|
73
|
70
|
72
|
|
||
3.1.2
|
Membandingkan
berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
|
73
|
72
|
69
|
72
|
|
||
3.1.3
|
Mendiskripsikan
tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
73
|
72
|
70
|
71
|
|
||
3.1.4
|
Mendeskripsikan
semangat kebangsaan
|
72
|
73
|
70
|
72
|
|
||
3.1.5
|
Menguraikan
macam – macam nasionalisme dan patriotisme
|
73
|
72
|
68
|
71
|
|
||
3.1.6
|
Menunjukan
perilaku semangat nasionalisme dan patriotisme
|
72
|
73
|
65
|
70
|
|
||
Standart
Kompetensi
|
73
|
|
||||||
4
|
Menampilkan
sikap positif terhadap system hukum dan peradilan nasional
|
73
|
72
|
65
|
71
|
73
|
|
|
|
||||||||
Kompetensi Dasar
|
|
|||||||
4.1
|
Mendeskripsikan
pengertian system hukum dan peradilan nasional
|
73
|
65
|
70
|
72
|
73
|
|
|
Indikator
|
|
|||||||
4.1.1
|
Mendeskripsikan
pengertian hukum
|
72
|
68
|
67
|
73
|
|
||
4.1.2
|
Menentukan
macam – macam hukum
|
75
|
72
|
65
|
72
|
|
Purbalingga,
……Juli 2012
Mengetahui
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga Guru Mata Pelajaran
KURNIAWAN
HERY S,S.Pd TRI
ARYANTO, S.Pd
KRITERIAN
KETUNTASAN MINIMAL
|
||||||||
MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS
XI SEMESTER 1
|
||||||||
|
Mapel,
Standart Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator
|
Kriterian
Ketuntasan Minimal
|
||||||
Kriterian
Penetapan
|
Nilai KKM
|
Nilai
KKM KD
|
Nilai
KKM SK
|
Nilai
KKM Mapel
|
||||
Kompleksitas
|
Daya
dukung
|
Intake
|
||||||
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
|
|
|
|
|
|
|
73
|
|
Standart
Kompetensi
|
|
|
|
|
|
74
|
|
|
1
|
BUDAYA POLITIK YANG BERKEMBANG DI
INDONESIA
|
|
|
|
|
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
74
|
|
||||||
1.1
|
Mendiskripsikan pengertian
Budaya Politik
|
75
|
70
|
70
|
71
|
|
||
Indikator
|
|
|||||||
.1.1.1
|
Mendiskripsikan
budaya politik
|
75
|
73
|
70
|
72
|
|
||
1.1.2
|
Menunjukan
komponen system budaya politik
|
70
|
70
|
73
|
71
|
|
||
1.1.3
|
Menganalisis
budaya politik
|
75
|
73
|
70
|
73
|
|
||
1.1.4
|
Menyebutkan
macam – macam budaya politik
|
70
|
70
|
73
|
71
|
|
||
Kompetensi
Dasar
|
73
|
|
||||||
1,2.
|
Mendeskripsikan
tipe budaya politik yang berkembang di indonesia
|
|
||||||
Indikator
|
|
|||||||
1..2.1
|
Menunjukan
macam – macam tipe budaya politik
|
75
|
72
|
71
|
73
|
|
||
.1,2.2
|
Menguraikan
wujud budaya politik
|
72
|
72
|
71
|
72
|
|
||
Kompetensi
Dasar
|
72
|
|
||||||
1.3.
|
Mendiskripsikan
pentingnya sosialisasi politik dalam perkembangan budaya politik
|
72
|
72
|
71
|
71
|
|
||
Indikator
|
||||||||
1.3.1.
|
Menguraikan
makna sosialisasi kesadaran politik
|
72
|
73
|
70
|
72
|
|
||
1.3.2
|
Menunjukan
mekanisme sosialisasi budaya politik
|
73
|
72
|
69
|
72
|
|
||
1.3.3
|
Menunjukan
fungsi dan peranan partai politik
|
73
|
72
|
70
|
71
|
|
||
1.3.4
|
Mendeskripsikan
komunikasi politik
|
72
|
73
|
70
|
72
|
|
||
1.3.5
|
Menguraikan
macam – macam budaya politik partisipan
|
73
|
72
|
68
|
71
|
|
||
Standart
Kompetensi
|
73
|
|
||||||
2
|
Menganalisis
budaya demokrasi menuju masyarakat madani
|
73
|
72
|
65
|
71
|
|
||
Kompetensi Dasar
|
74
|
|
||||||
2.1
|
Mendeskripsikan
pengertian budaya demokrasi
|
73
|
65
|
70
|
72
|
73
|
||
Indikator
|
|
|||||||
2.1.1
|
Mendeskripsikan
pengertian demokrasi
|
72
|
68
|
67
|
73
|
|
||
2.1.2
|
Menyebutkan
macam – macam demokrasi
|
75
|
72
|
65
|
72
|
|
||
2-1-3
|
Menunjukan
ciri – ciri demokrasi
|
75
|
73
|
71
|
72
|
|||
Kompetensi dasar
|
73
|
|||||||
2.2
|
Pengertian
masyarakat madani
|
74
|
73
|
72
|
72
|
|||
Indikator
|
||||||||
2.2.1
|
Mendeskripsikan pengertian masyarakat madani
|
73
|
75
|
72
|
73
|
|||
2.2.2
|
Mendeskripsikan
konsep msyarakat madani
|
73
|
75
|
71
|
72
|
|||
2.2.3
|
Menunjukan
ciri – ciri masyarakat madani
|
73
|
72
|
72
|
74
|
|||
Kompetensi Dasar
|
73
|
|||||||
2.3
|
Pelaksanaan demokrasi pada masa Orde lama, Orde
Baru dan Reformasi
|
|||||||
Indikator
|
||||||||
2.3.1
|
Pelaksanaan
Demokrasi pada masa Orde Lama
|
75
|
74
|
71
|
72
|
|||
2.3.2
|
Mendiskripsikan
pelaksanaan demokrasi pada masa Orde baru
|
71
|
75
|
72
|
72
|
|||
2.3.3
|
Mendiskripsikan
Pelaksanaan demokrasi Pada masa Orde Reformasi
|
72
|
73
|
73
|
73
|
|||
2.3.4
|
Menganalisis
pengertian Pemilihan umum
|
75
|
72
|
71
|
73
|
|||
Standar Kompetensi
|
72
|
|||||||
3
|
Keterbukaan dan keadilan
dalamkehidupan berbangsa dan bernegara
|
|||||||
Kompetensi dasar
|
73
|
|||||||
3.1
|
Mendiskripsikan
pengertian keterbukaan dan keadilan
|
75
|
73
|
71
|
73
|
|||
Indikator
|
||||||||
3.1.1
|
Mendeskripsikan
Pengertian keterbukaan dan keadilan
|
73
|
75
|
71
|
74
|
|||
3.1.2
|
Menunjukan
pengertian keadilan menurut para ahli
|
73
|
72
|
73
|
74
|
|||
3.1.3
|
Makna keterbukaan
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
74
|
73
|
72
|
74
|
|||
Kompetensi Dasar
|
72
|
|||||||
3.2.
|
Mendeskripsikan
penyelenggaraan pemerintah yang transparan
|
75
|
72
|
71
|
73
|
|||
Indikator
|
||||||||
3.2.1
|
Mendiskripsikan
pengertian pemerintahan
|
73
|
72
|
75
|
73
|
|||
3.2.2
|
Menunjukan
penyelenggaraan pemerintah yang tidak transparan
|
73
|
71
|
75
|
73
|
|||
Mendidkripsikan
keterkaitan keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
72
|
72
|
75
|
73
|
||||
Purbalingga,
……Juli 2012
Mengetahui
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga Guru Mata Pelajaran
KURNIAWAN
HERY S,S.Pd TRI
ARYANTO, S.Pd
KRITERIAN
KETUNTASAN MINIMAL
|
||||||||
MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS
XII SEMESTER 1
|
||||||||
|
Mapel,
Standart Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator
|
Kriterian
Ketuntasan Minimal
|
||||||
Kriterian
Penetapan
|
Nilai KKM
|
Nilai
KKM KD
|
Nilai
KKM SK
|
Nilai
KKM Mapel
|
||||
Kompleksitas
|
Daya
dukung
|
Intake
|
||||||
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
|
|
|
|
|
|
|
73
|
|
Standart
Kompetensi
|
|
|
|
|
|
74
|
|
|
1
|
Menampilkan sikap positif terhadap
Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
|
|
|
|
|
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
|
|
|
|
74
|
|
|
|
1.1
|
Mendiskripsikan Pancasila
sebagai Ideologi Terbuka
|
75
|
70
|
70
|
71
|
|
|
|
Indikator
|
|
|
|
|
||||
.1.1.1
|
Mendiskripsikan
mendiskripsikan sejarah dan kedudukan Pancasila
|
75
|
73
|
70
|
72
|
|||
1.1.2
|
Menunjukan
klasifikasi Ideologi
|
70
|
70
|
73
|
71
|
|||
1.1.3
|
Menganalisis
Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
|
75
|
73
|
70
|
73
|
|||
Kompetensi
Dasar
|
73
|
|||||||
1,2.
|
Mendeskripsikan
Pancasila sebagai sumber nilai
|
|||||||
Indikator
|
||||||||
1..2.1
|
Menunjukan
macam macam nilai yang ada dalam Pancasila
|
75
|
72
|
71
|
73
|
|||
.1,2.2
|
Menguraikan
Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan
|
72
|
72
|
71
|
72
|
|||
Standart
Kompetensi
|
73
|
|||||||
2
|
Menganalisis
Sistem Pemerintahan
|
73
|
72
|
65
|
71
|
|||
Kompetensi Dasar
|
74
|
|||||||
2.1
|
Mendeskripsikan
system pemerintahan di berbagai negara
|
73
|
65
|
70
|
72
|
|||
Indikator
|
||||||||
2.1.1
|
Mendeskripsikan
klasifikasi system pemerintahan
|
72
|
68
|
67
|
73
|
|||
2.1.2
|
Menyebutkan
macam – macam pemerintahan
|
75
|
72
|
65
|
72
|
|||
2-1-3
|
Menunjukan
ciri – ciri pemerintahan
|
75
|
73
|
71
|
72
|
|||
Kompetensi dasar
|
73
|
|||||||
2.2
|
Mendiskripsikan
system Pemerintahan di Indonesia
|
74
|
73
|
72
|
72
|
|||
Indikator
|
||||||||
2.2.1
|
Mendeskripsikan pengertian pemerintahan di Indonesia
|
73
|
75
|
72
|
73
|
|||
2.2.2
|
Mendeskripsikan
konsep pemerintahan di Indonesia menurut UUD 1945 setelah adanya perubahan
|
73
|
75
|
71
|
72
|
|||
2.2.3
|
Menunjukan
system pemerintahan sebelum UUD 1945 di amandemen
|
73
|
72
|
72
|
74
|
|||
Kompetensi Dasar
|
73
|
|||||||
2.3
|
Mendiskripsikan kelebihan dan kelemahan system
pemerintahan yang berlaku di Indonesia
|
|||||||
Indikator
|
||||||||
2.3.1
|
Menunjukan
kelemahan system pemerintahan di Indonesia
|
75
|
74
|
71
|
72
|
|||
2.3.2
|
Mendiskripsikan
kelebihan system pemerintahan di Indonesia
|
71
|
75
|
72
|
72
|
|||
Kompetensi dasar
|
73
|
|||||||
3.1
|
Mendiskripsikan
perbandingan pelaksanaan pemerintahan Indonesia dengan berbagai negara
|
75
|
73
|
71
|
73
|
|||
Indikator
|
||||||||
3.1.1
|
Mendeskripsikan
Pengertian system pemerintahan di Indonesia
|
73
|
75
|
71
|
74
|
|||
3.1.2
|
Menunjukan
system pemerintahan dari berbagai negara
|
73
|
72
|
73
|
74
|
Purbalingga,
……Juli 2012
Mengetahui
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga Guru Mata Pelajaran
KURNIAWAN
HERY S,S.Pd TRI
ARYANTO, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar