Sabtu, 03 November 2012

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PKN SMK



KRITERIAN KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 
KELAS X SEMESTER 1

Mapel, Standart Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator
Kriterian Ketuntasan Minimal
Kriterian Penetapan
Nilai   KKM
Nilai KKM KD
Nilai KKM SK
Nilai KKM Mapel
Kompleksitas
Daya dukung
Intake
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN






73
Standart Kompetensi





74

1
HAKEKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN RI







Kompetensi Dasar




74


1.1
Menganalisis hakekat bangsa dan unsure unsur – unsur terbentuknya negara
75
70
70
71



Indikator







.1.1.1
Mendiskripsikan manusia sebagai mahluk individu dan mahluk sosial
75
73
70
72



1.1.2
Menguraikan pengertian bangsa dan unsure terbentuknya bangsa
70
70
73
71



1.1.3
Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya negara
75
73
70
73



1.1.4
Menganalisis pengertian negara
70
70
73
71



Kompetensi Dasar







2.2
Mendeskripsikan hakekat negara dan bentuk – bentuk negaraMendeskrpsikan negara dan bentuk – bentuk negara




73


Indikator







2.2.1
Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
75
72
71
73



2.2.2
Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lainbagi suatu negara
72
72
71
72



2.2.3
Membandingkan bentuk – bentuk kenegaraan
72
72
71
72



Standar Kompetensi





73

3
Mendiskripsikan hakekat bangsa dan Negara Kesatuan Repubik Indonesia
73
72
71
72
72


Kompetensi Dasar







3.1
Menjelaskan fungsi dan tujuan NKRI
Menunjukan semangat kebangsaan , Nasionalisme dan Patriotisme
72
72
71
71
72



Indikator







3.1.1
Menguraikan pengertian dan fungsi negara
72
73
70
72



3.1.2
Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
73
72
69
72



3.1.3
Mendiskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
73
72
70
71



3.1.4
Mendeskripsikan semangat kebangsaan
72
73
70
72



3.1.5
Menguraikan macam – macam nasionalisme dan patriotisme
73
72
68
71



3.1.6
Menunjukan perilaku semangat nasionalisme dan patriotisme
72
73
65
70



Standart Kompetensi





73

4
Menampilkan sikap positif terhadap system hukum dan peradilan nasional
73
72
65
71
73













Kompetensi Dasar







4.1
Mendeskripsikan pengertian system hukum dan peradilan nasional
73
65
70
72
73


Indikator







4.1.1
Mendeskripsikan pengertian hukum
72
68
67
73



4.1.2
Menentukan macam – macam hukum
75
72
65
72





                                                                                                          Purbalingga, ……Juli 2012
               Mengetahui                                                   
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga                                                         Guru Mata Pelajaran

                                                                                     
       KURNIAWAN HERY S,S.Pd                                                                   TRI ARYANTO, S.Pd























KRITERIAN KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 
KELAS XI SEMESTER 1

Mapel, Standart Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator
Kriterian Ketuntasan Minimal
Kriterian Penetapan
Nilai   KKM
Nilai KKM KD
Nilai KKM SK
Nilai KKM Mapel
Kompleksitas
Daya dukung
Intake
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN






73
Standart Kompetensi





74

1
BUDAYA POLITIK YANG BERKEMBANG DI INDONESIA







Kompetensi Dasar




74


1.1
Mendiskripsikan pengertian Budaya Politik
75
70
70
71



Indikator







.1.1.1
Mendiskripsikan budaya politik
75
73
70
72



1.1.2
Menunjukan komponen system budaya politik
70
70
73
71



1.1.3
Menganalisis budaya politik
75
73
70
73



1.1.4
Menyebutkan macam – macam budaya politik
70
70
73
71



Kompetensi Dasar




73


1,2.
Mendeskripsikan tipe budaya politik yang berkembang di indonesia







Indikator







1..2.1
Menunjukan macam – macam tipe budaya politik
75
72
71
73



.1,2.2
Menguraikan wujud budaya politik
72
72
71
72



Kompetensi Dasar




72


1.3.
Mendiskripsikan pentingnya sosialisasi politik dalam perkembangan budaya politik
72
72
71
71




Indikator







1.3.1.
Menguraikan makna sosialisasi kesadaran politik
72
73
70
72



1.3.2
Menunjukan mekanisme sosialisasi budaya politik
73
72
69
72



1.3.3
Menunjukan fungsi dan peranan partai politik
73
72
70
71



1.3.4
Mendeskripsikan komunikasi politik
72
73
70
72



1.3.5
Menguraikan macam – macam budaya politik partisipan
73
72
68
71



Standart Kompetensi





73

2
Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
73
72
65
71



Kompetensi Dasar




74


2.1
Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi
73
65
70
72
73


Indikator







2.1.1
Mendeskripsikan pengertian demokrasi
72
68
67
73



2.1.2
Menyebutkan macam – macam demokrasi
75
72
65
72



2-1-3
Menunjukan ciri – ciri demokrasi
75
73
71
72




Kompetensi dasar




73


2.2
Pengertian masyarakat madani
74
73
72
72




Indikator







2.2.1
Mendeskripsikan  pengertian masyarakat madani
73
75
72
73



2.2.2
Mendeskripsikan konsep msyarakat madani
73
75
71
72



2.2.3
Menunjukan ciri – ciri masyarakat madani
73
72
72
74




Kompetensi Dasar




73


2.3
Pelaksanaan demokrasi pada masa Orde lama, Orde Baru dan Reformasi








Indikator







2.3.1
Pelaksanaan Demokrasi pada masa Orde Lama
75
74
71
72



2.3.2
Mendiskripsikan pelaksanaan demokrasi pada masa Orde baru
71
75
72
72



2.3.3
Mendiskripsikan Pelaksanaan demokrasi Pada masa Orde Reformasi
72
73
73
73



2.3.4
Menganalisis pengertian Pemilihan umum
75
72
71
73




Standar Kompetensi





72

3
Keterbukaan dan keadilan dalamkehidupan berbangsa dan bernegara








Kompetensi dasar




73


3.1
Mendiskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan
75
73
71
73




Indikator







3.1.1
Mendeskripsikan Pengertian keterbukaan dan keadilan
73
75
71
74



3.1.2
Menunjukan pengertian keadilan menurut para ahli
73
72
73
74



3.1.3
Makna keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
74
73
72
74




Kompetensi Dasar




72


3.2.
Mendeskripsikan penyelenggaraan pemerintah yang transparan
75
72
71
73




Indikator







3.2.1
Mendiskripsikan pengertian pemerintahan
73
72
75
73



3.2.2
Menunjukan penyelenggaraan pemerintah yang tidak transparan
73
71
75
73




Mendidkripsikan keterkaitan keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
72
72
75
73













                                                                                                          Purbalingga, ……Juli 2012
               Mengetahui                                                   
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga                                                         Guru Mata Pelajaran

                                                                                     
       KURNIAWAN HERY S,S.Pd                                                                   TRI ARYANTO, S.Pd







KRITERIAN KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 
KELAS XII SEMESTER 1

Mapel, Standart Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator
Kriterian Ketuntasan Minimal
Kriterian Penetapan
Nilai   KKM
Nilai KKM KD
Nilai KKM SK
Nilai KKM Mapel
Kompleksitas
Daya dukung
Intake
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN






73
Standart Kompetensi





74

1
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai Ideologi Terbuka







Kompetensi Dasar




74


1.1
Mendiskripsikan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
75
70
70
71



Indikator







.1.1.1
Mendiskripsikan mendiskripsikan sejarah dan kedudukan Pancasila
75
73
70
72



1.1.2
Menunjukan klasifikasi Ideologi
70
70
73
71



1.1.3
Menganalisis Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
75
73
70
73



Kompetensi Dasar




73


1,2.
Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai







Indikator







1..2.1
Menunjukan macam macam nilai yang ada dalam Pancasila
75
72
71
73



.1,2.2
Menguraikan Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan
72
72
71
72



Standart Kompetensi





73

2
Menganalisis Sistem Pemerintahan
73
72
65
71



Kompetensi Dasar




74


2.1
Mendeskripsikan system pemerintahan di berbagai negara
73
65
70
72



Indikator







2.1.1
Mendeskripsikan klasifikasi system pemerintahan
72
68
67
73



2.1.2
Menyebutkan macam – macam pemerintahan
75
72
65
72



2-1-3
Menunjukan ciri – ciri pemerintahan
75
73
71
72




Kompetensi dasar




73


2.2
Mendiskripsikan system Pemerintahan di Indonesia
74
73
72
72




Indikator







2.2.1
Mendeskripsikan  pengertian pemerintahan di Indonesia
73
75
72
73



2.2.2
Mendeskripsikan konsep pemerintahan di Indonesia menurut UUD 1945 setelah adanya perubahan
73
75
71
72



2.2.3
Menunjukan system pemerintahan sebelum UUD 1945 di amandemen
73
72
72
74




Kompetensi Dasar




73


2.3
Mendiskripsikan kelebihan dan kelemahan system pemerintahan yang berlaku di Indonesia








Indikator







2.3.1
Menunjukan kelemahan system pemerintahan di Indonesia
75
74
71
72



2.3.2
Mendiskripsikan kelebihan system pemerintahan di Indonesia
71
75
72
72




Kompetensi dasar




73


3.1
Mendiskripsikan perbandingan pelaksanaan pemerintahan Indonesia dengan berbagai negara
75
73
71
73




Indikator







3.1.1
Mendeskripsikan Pengertian system pemerintahan di Indonesia
73
75
71
74



3.1.2
Menunjukan system pemerintahan dari berbagai negara
73
72
73
74




                                                                                                          Purbalingga, ……Juli 2012
               Mengetahui                                                   
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga                                                         Guru Mata Pelajaran

                                                                                     
       KURNIAWAN HERY S,S.Pd                                                                   TRI ARYANTO, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar